Sitepu, Elpika Br. (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Jual Beli Melalui Grup Rumah Live Online. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 3173311018 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. Nim 3173311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
3. Nim 3173311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. Nim 3173311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. Nim 3173311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. Nim 3173311018 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. Nim 3173311018 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. Nim 3173311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
12. Nim 3173311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. Nim 3173311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen dalam jual beli melalui grup rumah live online dan untuk mengetahui bentuk tanggung jawab pelaku usaha terkait memenuhi hak konsumen dalam transaksi jual beli melalui grup rumah live online. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian yaitu: kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara secara online dan dokumentasi. Informan atau subyek dalam penelitian ini terdiri dari 15 orang. Lokasi penelitian ini adalah: di grup rumah live online. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/vertifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen dalam jual beli sudah ada, namun konsumen yang membeli di grup rumah live online tidak melaporkan pihak wajib berhubung karena merasa prosedur yang lama dan mengakibatkan penipuan di grup rumah live online menjadi meningkat. Konsumen kurang diberikan ruang untuk menyampaikan segala keluhan sekaligus memberikan jaminan pelayanan terhadap barang atau jasa yang kurang sesuai. Pelaku usaha kurang bertanggung jawab dalam mengganti kerugian konsumen karna sistem yang terlalu menyulitkan konsumen dan pihak tanggung jawab admin grup rumah live online hanya memblokir akun dan mengeluarkannya dari grup. Dengan demikian admin grup rumah live online, pelaku usaha, konsumen, dan pemerintah harus bekerja sama untuk mengoktimalkan perlindungan hukum terhadap konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PKN-027 |
Keywords: | Perlindungan Hukum; Grup Rumah Live Online; Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3840 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 02:56 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44265 |