Alhumary, Farid M. (2021) Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) PJOK Menggunakan SIGUM (Sistem Informasi Guru Mengajar) di SMA Negeri Se-Kota Binjai T.P 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196118006 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8196118006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. NIM. 8196118006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
4. NIM. 8196118006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM. 8196118006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 8196118006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 8196118006 TABLES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
8. NIM. 8196118006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
9. NIM. 8196118006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8196118006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
14. NIM. 8196118006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (889kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) PJOK menggunakan SIGUM (Sistem Informai Guru Mengajar) di SMA Negeri Se-Kota Binjai. Penelitian ini termasuk penelitian evaluative yang diukur menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process danProduct). Sampel penelitian ini adalah Kepala Dinas Pendidikan yang berjumlah 1 orang, Kepala Sekolah yang berjumlah 3 orang, guru PJOKyang berjumlah 7 orang dan siswa kelas XI yang berjumlah 226 orang, pengambilan sampel dengan random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1. Pada aspek Context untuk responden guru PJOK diperoleh 86,53% dan siswa 82,09% dengan indikator kebijakan (Guru 87,62%, Siswa 85,13%), indikator latar belakang (Guru 82,86%, Siswa 79,03%), indikator tujuan (Guru 88,57%, Siswa 80,58%). 2. Pada aspek Input untuk responden guru PJOK diperoleh 82,86% dan siswa 71,77% dengan indikator sumber daya (Guru 85,71%, Siswa 79,85%), indikator sumber informasi (Guru 81,90%, Siswa 78,50%), indikator penerapan (Guru 80,95%, Siswa 81,42%). 3. Pada aspek Process untuk responden guru PJOK diperoleh 78,05% dan siswa 76,50% dengan indikator persiapan (Guru 80%, Siswa 78,76%), indikator pelaksanaan (Guru 77,48%, Siswa 75,21%). 4. Pada aspek Product untuk responden guru PJOK diperoleh 79,14% dan siswa 74,10% dengan indikator analisis (Guru 85%, Siswa 76,02%), indikator hasil (Guru 73,71%, Siswa 72,51%). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) PJOK menggunakan SIGUM (Sistem Informai Guru Mengajar) di SMA Negeri Se-Kota Binjai secara keseluruhan 78,88% dengan kategori “baik”, artinya pembelajaran daring PJOK menggunakan SIGUM sudah terlaksana dengan baik namun tetap perlu dilakukan pengawasan untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 374.4 Alh e |
Keywords: | Evaluasi; Daring; Pendidikan Jasmani; SIGUM |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 03:04 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44200 |