Sinaga, Roberi Sepda Fian (2021) Keterkaitan Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Keterampilan Digital dengan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah pada Perkuliahan Mikrobiologi Unimed di Masa New Normal. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186174010 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8186174010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 8186174010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 8186174010 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM. 8186174010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 8186174010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 8186174010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM. 8186174010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 8186174010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
13. NIM. 8186174010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
14. NIM. 8186174010 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
Abstract
Masalah yang terdapat adalah mahasiswa belum mengoptimalkan gaya belajarnya pada pembelajaran daring, belum menunjukkan kemandirian dalam belajar, belum terbiasa menggunakan media digital untuk pembelajaran daring/virtual dan sikap ilmiah belum optimal dilaksanakan oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan gaya belajar, kemandirian belajar, keterampilan digital terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah pada perkuliahan mikrobiologi mahasiswa jurusan Biologi FMIPA semester III Universitas Negeri Medan di masa new normal. Jenis penelitian ini berupa deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto dengan populasi terdiri dari 6 kelas dan sampel diambil 3 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yaitu sebanyak 60 mahasiswa mendapatkan perlakukan secara acak untuk memberikan respon terhadap instrumen. Instrumen penelitian berbentuk angket berbasis google formulir, yang memuat masing-masing karakteristik gaya belajar, kemandirian belajar, keterampilan digital dengan hasil belajar dan sikap ilmiah. Hasil dalam penelitian ini adalah gaya belajar mahasiswa pada perkuliahan mikrobiologi tergolong gaya belajar visual kategori baik dengan rata-rata 66%, kemandirian belajar mahasiswa tergolong cukup dengan rata-rata 50%, keterampilan digital tergolong kurang dengan rata-rata 26%, serta terdapat pengaruh antara gaya belajar dengan hasil belajar sebesar 12,5%; terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 23,7%; terdapat pengaruh antara keterampilan digital dengan hasil belajar sebesar 25,5%; terdapat pengaruh anrara gaya belajar dengan sikap ilmiah sebesar 12,8%; terdapat pengaruh kemandirian belajar dengan sikap ilmiah sebesar 37,3%; terdapat pengaruh antara keterampilan digital dengan sikap ilmiah sebesar 27,2%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 579.072 Sin k |
Keywords: | Gaya Belajar; Kemandirian Belajar; Keterampilan Digital; Hasil Belajar; Sikap Ilmiah; Mikrobiologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 09:57 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44183 |