Ramadianti, Astria Ayu (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196181007 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. 8196181007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
3. 8196181007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. 8196181007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. 8196181007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
6. 8196181007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. 8196181007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. 8196181007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. 8196181007 BAB I.pdf - Published Version
Download (968kB) | Preview
13. 8196181007 BAB V.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
14. 8196181007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; Menganalisis validitas LKPD berbasis model pembelajaran Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok; Menganalisis kepraktisan LKPD berbasis model pembelajaran Project Based Learning; Menganalisis efektivitas LKPD berbasis model pembelajaran Project Based Learning; Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101736 Medan Krio, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Hasil penelitian ini menunjukkan, Berdasarkan hasil validitas ahli materi 89%, ahli bahasa 89,2%, dan ahli desain 98,2%. Dari hasil validasi LKPD yang dikembangkan maka LKPD termasuk dalam kriteria sangat baik dan dinyatakan valid, serta layak untuk digunakan; LKPD berbasis project dikategorikan praktis karena hasil respon siswa terhadap LKPD diperoleh nilai 90,80% yaitu jika respon siswa lebih besar dari 80%, maka dikatakan siswa memberikan respon positif terhadap LKPD; LKPD efektif karena pada uji coba lapangan hasil persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 44,83% menjadi 89,66%, respon siswa positif, dan persentase waktu belajar efektif; Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat, pada pretest nilai rata-rata 68,55, sedangkan pada posttest nilai rata-rata 87,17.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Ram p |
Keywords: | Pengembangan; LKPD; Model Pembelajaran Project Based Learning; Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 06:10 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 06:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44176 |