Ginting, Fitri Rahmayanti (2021) Pengembangan Media Pembelejaran Lectora Inspire Menulis Teks Deskripsi Berbasis Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186191009 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 8186191009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
3. NIM. 8186191009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 8186191009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
5. NIM. 8186191009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 8186191009 TABELS.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM. 8186191009 LIST OF STRATURE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 8186191009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM. 8186191009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
10. NIM. 8186191009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
14. NIM. 8186191009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
15. NIM. 8186191009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran lectora inspire menulis teks deskripsi berbasis lingkungan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan dengan rumusan masalah (1) Bagaimanakah proses pengembangan media pembelajaran Lectora Inspire menulis teks deskripsi berbasis lingkungan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan (2) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran Lectora Inspire menulis teks deskripsi berbasis lingkungan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran Lectora Inspire menulis teks deskripsi berbasis lingkungan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model model DDD-E (Dicide, Design, Develop, Evaluate). Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli desain, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan Siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data analisa kebutuhan guru dan siswa menyatakan 94,73% membutuhkan media pembelajaran Lectora Inspire menulis teks deskripsi berbasis lingkungan (1) Validasi dari ahli materi terhadap aspek kelayakan materi memperoleh 97,72% dengan kriteria sangat baik, aspek kelayakan penyajian memperoleh 95,83% dengan kriteria sangat baik dan aspek kelayakan bahasa memperoleh 93,75% dengan kriteria sangat baik. (2) Validasi dari ahli desain tampilan memperoleh 85,15% dengan kriteria sangat baik dan ahli desain media tentang sistematika dan estetika memperoleh 85,93% dengan kriteria sangat baik. (3) Penilaian guru terhadap media pembelajaran Lectora Inspire menulis teks deskripsi berbasis lingkungan memperoleh 93,33% dengan kriteria sangat baik. (4) Uji coba perorangan memperoleh 86,80% dengan kriteria sangat baik. (5) Uji coba kelompok kecil memperoleh 90,04% dengan kriteria sangat baik. (6) Uji coba kelas memperoleh 92,13% dengan kriteria sangat baik. Hasil efektifitas media pembelajaran diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. Skor rata-rata pada pretest 65,58 dan pada posttest 81,66. Selisih dari pretes dan postest adalah 16,0. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan pada pembelajaran teks deskripsi berbasis lingkungan. Implikasi media pembelajaran lectora inspire pada teks deskripsi berbasis lingkungan adalah media ini akan memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran, serta memberi kemudahan bagi siswa dalam menerima dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan serta melatih siswa belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 2 Gin p |
Keywords: | media pembelajaran; lectora inspire; teks deskripsi; lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 07:53 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44165 |