Tarigan, Irma Yani (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Teks Cerpen Bermuatan Ekologi untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186191006 COVER.pdf - Published Version
Download (246kB)
2. NIM. 8186191006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
3. NIM. 8186191006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4. NIM. 8186191006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 8186191006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6. NIM. 8186191006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7. NIM. 8186191006 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
8. NIM. 8186191006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM. 8186191006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
10. NIM. 8186191006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (975kB) | Preview
14. NIM. 8186191006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
15. NIM. 8186191006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, mengetahui kelayakan media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, dan efektivitas produk hasil pengembangan berupa media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi materi meliputi kelayakan isi memperoleh rata-rata 84,09% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian memperoleh rata-rata 83,33% dengan kriteria sangat baik, dan kelayakan bahasa memperoleh rata-rata 86,25% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi ahli desain memperoleh rata-rata 90,17% dengan kriteria sangat baik. (2) Hasil uji coba perorangan memperoleh rata-rata 81,25% dengan kriteria baik, uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 86,34% dengan kriteria sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas memperoleh rata-rata 90,1% dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil efektivitas media pembelajaran diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretes dan postes. Skor rata-rata pada pretes 70,36 dan pada postes 82,06. Selisih dari pretes dan postes adalah 11,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire yang dikembangkan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan pada pembelajaran teks cerpen bermuatan ekologi. Implikasi media pembelajaran lectora inspire pada teks cerpen bermuatan ekologi adalah media ini akan memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran, serta memberi kemudahan bagi siswa dalam menerima dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan serta melatih siswa belajar secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.407 2 Tar p |
Keywords: | media pembelajaran; lectora inspire; teks cerpen; ekologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 07:47 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44164 |