Rosyid, M. Ibnu (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Animate Cc Untuk Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif (Pdto) Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5151122008 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
02. NIM 5151122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
03. NIM 5151122008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
04. NIM 5151122008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
05. NIM 5151122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
06. NIM 5151122008 TABLES.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
07. NIM 5151122008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
08. NIM 5151122008 APPEDINCES.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
09. NIM 5151122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
13. NIM 5151122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM 5151122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Animate CC yang dikembangkan untuk materi Special Service Tools dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO); (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Animate CC yang dikembangkan untuk materi Special Service Tools dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO); (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Animate CC yang dikembangkan pada materi Special Service Tools dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yang di padukan dengan model pembelajaran ADDIE yaitu 1) Analysis (Analisa); 2) Design (Desain); 3) Deveploment (Pengembangan); 4) Implementation (Implementasi/Eksekusi); 5) Evaluation (Evaluasi/Umpan Balik) . Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR sebanyak 70 orang dan guru PDTO SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Data yang diperoleh berupa data deskriptif dan kuantitatif. Hasil validasi dinyatakan valid yaitu penilaian ahli materi 84% dengan kategori sangat baik dan ahli media 83% dengan kategori baik. Tingkat kelayakan yang dinilai oleh siswa rata-rata adalah 84% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa kelas ekesperimen berbeda dengan hasil belaajr kelas kontrol. Dibuktikan dengan uji Independent sample t test data posttest menujukkan nilai sig. (2-tailed) 0,080 > 0,05 Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik (nilai rata-rata 83,77) daripada hasil belajar siswa kelas kontrol (nilai rata-rata 75,42). Dari hasil pengaplikasisan uji t terhadap kelas ekeperimen dan kelas kontrol ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara kedua kelas, dibuktikan dengan nilai sig ( 0,765 > 0,05). Penelitian ini mengimplikasikan bahwa pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran siswa terutama dalam hasil belajar siswa pada materi special service tools
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia Interaktif Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif , Hasil Belajar Special Service Tools, R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 07:39 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44113 |