Irfansyah (2021) PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF BERBASIS PENGETAHUAN KONSEPTUAL FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA KELAS X SEMESTER I MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143321023 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 4143321023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM 4143321023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4143321023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM 4143321023 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM. 4143321023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
13. NIM. 4143321023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4143321023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan intrumen tes berbasis pengetahuan konseptual untuk melatih kemampuan berfikir mengenai konsep-konsep fisika peserta didik pada materi hukum newton dan penerapannya yang memenuhi kelayakan instrumen tes. Jenis penelitian research and development (R&D) model Van Den Akker dengan subjek penelitian yaitu X MIA 2 yang berjumlah 20 orang peserta didik di MAN 03 Medan. Hasil penelitian instrumen tes berbasis pengetahuan konseptual memiliki indikator mengenali, mengklasifikasikan, menyajikan, membedakan, menentukan, menghasilkan. Dengan menggunakan indikator tersebut didapatkan hasil tes 28% siswa mendapatkan hasil yang sangat baik. 12% siswa mendapatkan hasil yang baik, 2% siswa mendapatkan hasil cukup, dan 2% siswa mendapatkan hasil yang jelek. Instrumen tes yang telah dikembangkan telah dilakukan validitas ahli, dan uji validitas dengan hasil 96% soal valid dan 4% soal tidak valid, uji rebilitas tes dengan hasil 0.86 dikatakan reliable, berdasarkan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda maka 19 soal layak dan 6 soal tidak layak, dan memiliki jumlah kelayakan soal 76%. Berdasarkan Hasil uji daya pembeda yaitu, 52% soal kategori sangat baik, 24% soal kategori baik, 8% soal kategori cukup, 8% soal kategori jelek,8% soal kategori soal dibuang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 143 |
Keywords: | Gaya; Hukum newton; Instrumen tes; Pengetahuan konseptual; Tes objektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 06:49 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44044 |