Marisa, Windy (2021) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES PADA MATA KULIAH EKOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172141037 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM. 4172141037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 4172141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 4172141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 4172141037 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
9. NIM. 4172141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
13. NIM. 4172141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM. 4172141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah ekologi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan angkatan 2018 yang mengambil mata kuliah ekologi pada tahun akademik 2020/2021 dengan jumlah 152 mahasiswa dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 61 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa angket. Data diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara literasi digital dengan kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah ekologi dengan r= 0,791 Literasi digital memberikan kontribusi sebesar (62,6%) terhadap kemampuan kognitif mahasiswa pada mata kuliah ekologi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah seseorang yang mempunyai literasi yang baik akan mendapatkan kemampuan kognitif yang baik pula. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi akan semakin berkembang sehingga literasi digital di lingkungan pendidikan sangat membantu mahasiswa dalam mencakup informasi yang lebih luas dan mendalam hal ini membantu mahasiswa menyelesaikan tugas serta menemukan informasi yang akurat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 218 |
Keywords: | Ekologi; Kemampuan kognitif; Literasi digital; Pembelajaran daring; Sumber daya digital |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 08:37 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44030 |