Andriyani, Mira (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS V SD SWASTA SABILINA TEMBUNG T.P 2013-2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182023 Cover.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. 8126182023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. 8126182023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. 8126182023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. 8126182023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. 8126182023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. 8126182023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. 8126182023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. 8126182023 Bab I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
10. 8126182023 Bab V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
11. 8126182023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V Sd Swasta Sabilina Tembung, Kecamatan Percut seituan kabupaten Deliserdang dengan pendekatan Saintifik.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 2 orang Observer yang merupakan tenaga pengajar disekolah tersebut, penelitian dilakukan untuk memberi solusi terhadap permasalahan yang dijumpai dikelas tempat penelitian.Sampel dalam penelitian ini adalah 40 Siswa untuk setiap Siklus I dan II.Hasil analisis data membuktikan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik.Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan sangat baik.Persentase perolehan skor untuk aktivitas siswa pada tes awal uji coba adalah 30.00%, kemudian pada Siklus I diperoleh persentase skor rata-rata 68.49%, untuk hasil belajar pada Siklus I diperoleh persentase rata-rata ketuntasan 82.50%.Kemudian pada Siklus II diperoleh persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 91.68%, dan untuk hasil belajar diperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 92.65%.untuk memperkuat Berdasarkan pengamatan aktivitas guru, siswa, pendapat guru, respon siswa dan hasil belajar siswa yang meliputi ketuntasan tujuan dan klasikal, maka Penerapan pendekatan Saintifik dinyatakan efektif untuk pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 And u |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Gaya magnet; Sains; Pengajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4403 |