Raihan, Ulfa (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI SEL SAAT PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI MIA MAN TANJUNGBALAI T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341076 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 4173341076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM 4173341076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM 4173341076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM 4173341076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM 4173341076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM 4173341076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. NIM 4173341076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa secara daring pada materi sel ditinjau dari aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN Tanjungbalai. Sampel penelitian diambil secara simple random sampling sebanyak 50 siswa. Instrumen penelitian adalah tes diagnostik berupa tes pilihan berganda dan angket tertutup. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat kesulitan belajar siswa dari aspek kognitif pada untuk C1 (62%), C2 (76%), C3 (72%), C4 (77%), C5 (89%) dan C6 (80%) yang secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Persentase kesulitan belajar pada aspek indikator pembelajaran mengetahui sejarah penemuan sel (60%), menjelaskan teori sel (47%), menjelaskan komponen kimia sel (68%), mengetahui struktur sel (80%), mengetahui bagian-bagian sel (73%), mengetahui fungsi bagian-bagian sel (84%), mengetahui persamaan sel hewan dan sel tumbuhan (90%), mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan (81%), menganalisis mekanisme transport pasif difusi (70%), menganalisis mekanisme transport pasif osmosis (90%) dan menjelaskan diagram transport aktif (75%) secara keseluruhan termasuk kedalam kategori kesulitan sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar yaitu kesiapan diri (68,25%), kesehatan (70%), motif (79,83%) dan sikap terhadap belajar (71,75%), keluarga (67,40%) serta guru (74,75%) termasuk dalam kategori menghambat dan intelegensia (53,16%), minat (45,66%) dan fasilitas (60,08%) termasuk kedalam kategori cukup menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 169 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Sel; Pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 03:33 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44025 |