Agustiani, Sri (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAS AL-ITTIHADIYAH DOLOK MASIHUL TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173341072 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 4173341072 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM 4173341072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 4173341072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM 4173341072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. NIM 4173341072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM. 4173341072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4173341072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem, serta mengetahui sikap yang mencerminkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MAS Al-Ittihadiyah Dolok Masihul Tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini diambil secara total sampling dengan cara pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi sebanyak 37 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan angket. Tes kemampuan berpikir kreatif bertujuan untuk mengamati proses tahapan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tentang ekosistem. Instrumen berupa angket bertujuan untuk mengetahui sikap yang mencerminkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi ekosistem. Tes dan angket diberikan setelah siswa mendapatkan materi dari guru mata pelajaran. Data hasil akhir diperoleh dari pengisian soal tes kemampuan berpikir kreatif dan angket sikap kreativitas siswa. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MAS Al-Ittihadiyah Dolok Masihul meunjukkan bahwa 14 siswa memiliki kriteria sangat kreatif, 11 siswa memiliki kriteria kreatif, 8 siswa memiliki kriteria cukup kreatif, dan 4 siswa memiliki kriteria kurang kreatif. Data tersebut memberikan gambaran bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MAS Al-Ittihadiyah Dolok Masihul lebih cenderung ke dalam kriteria sangat kreatif. Sedangkan sikap yang mencerminkan kreativitas siswa kelas X MAS Al-Ittihadiyah Dolok Masihul berdasarkan indikator sikap kreativitas menunjukkan bahwa siswa cenderung memiliki kemampuan bebas berpendapat yaitu 85,41%. Kemudian siswa juga baik dalam melihat masalah dari berbagai sudut pandang, rasa ingin tahu, daya imajinatif, dan banyak gagasan serta orisinalitas dalam ungakapan gagasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 236 |
Keywords: | Berpikir kreatif; Sikap; Kreativitas; Pembelajaran biologi; Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 03:22 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44024 |