Anzelina, Dewi (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN NO. 101731 KAMPUNG LALANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182007 Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. 8126182007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126182007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. 8126182007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 8126182007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 8126182007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8126182007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8126182007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. 8126182007 Bab I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
10. 8126182007 Bab V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
11. 8126182007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri 101731 Kampung Lalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA kelas VA SD Negeri No. 101731 Kampung Lalang.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tindakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 101731 Kampung Lalang Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 36 orang siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan meliputi kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak 2 siklus dan pada setiap akhir siklus dilakukan observasi dan tes untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kategori persentase motivasi belajar siswa rendah yaitu sebesar 66,67% dan hasil belajarnya belum mengalami ketuntasan yaitu sebesar 66,67%. Setelah dilaksanakan penelitian pada siklus II diketahui bahwa motivasi belajar siswa adalah termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 72,22% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 97,22% sehingga pelaksanaan siklus pembelajaran dinyatakan sudah berhasil. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri No. 101371 Kampung Lalang Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Anz p |
Keywords: | Motivasi; Pesawat sederhana; Pembelajaran kooperatif; Make a match; Ilmu pengetahuan alam; Model pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4402 |