Rahayu, Octa Widya (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PADA MATA KULIAH TAKSONOMI SPERMATOPHYTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171141033 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4171141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3. NIM. 4171141033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM. 4171141033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 4171141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
9. NIM. 4171141033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. NIM. 4171141033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM. 4171141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 dalam mengklasifikasikan tumbuhan pada mata kuliah taksonomi spermatophyta, 2) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 pada tata nama atau nomenklatur dalam botani sistematika pada mata kuliah taksonomi spermatophyta, dan 3) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 dalam mengidentifikasi tumbuhan menggunakan kunci determinasi pada mata kuliah taksonomi spermatophyta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2021 di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan 2 jenis instrumen penelitian yaitu angket dan soal tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 49 mahasiswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas Pendidikan Biologi B dan Pendidikan Biologi C. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar mahasiswa dalam mengklasifikasikan tumbuhan dikategorikan rendah dan sedang dengan hasil angket 39,59% dan soal tes 41,16%, tingkat kesulitan mahasiswa dalam menggunakan tata nama atau nomenklatur dikategorikan rendah dengan hasil angket 37,96% dan soal tes 38,78%, dan tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan menggunakan kunci determinasi dikategorikan sedang dengan hasil angket 41,22% dan soal tes 42,18%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 214 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Taksonomi; Spermatophyta; Tumbuhan biji; Nama ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 09:20 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43988 |