ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PADA MATA KULIAH TAKSONOMI SPERMATOPHYTA

Rahayu, Octa Widya (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PADA MATA KULIAH TAKSONOMI SPERMATOPHYTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171141033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171141033 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171141033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4171141033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4171141033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4171141033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4171141033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171141033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171141033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171141033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171141033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171141033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171141033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 dalam mengklasifikasikan tumbuhan pada mata kuliah taksonomi spermatophyta, 2) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 pada tata nama atau nomenklatur dalam botani sistematika pada mata kuliah taksonomi spermatophyta, dan 3) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 dalam mengidentifikasi tumbuhan menggunakan kunci determinasi pada mata kuliah taksonomi spermatophyta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2021 di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan 2 jenis instrumen penelitian yaitu angket dan soal tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 49 mahasiswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas Pendidikan Biologi B dan Pendidikan Biologi C. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar mahasiswa dalam mengklasifikasikan tumbuhan dikategorikan rendah dan sedang dengan hasil angket 39,59% dan soal tes 41,16%, tingkat kesulitan mahasiswa dalam menggunakan tata nama atau nomenklatur dikategorikan rendah dengan hasil angket 37,96% dan soal tes 38,78%, dan tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan menggunakan kunci determinasi dikategorikan sedang dengan hasil angket 41,22% dan soal tes 42,18%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 214
Keywords: Kesulitan belajar; Taksonomi; Spermatophyta; Tumbuhan biji; Nama ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Dec 2021 09:20
Last Modified: 06 Dec 2021 09:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43988

Actions (login required)

View Item
View Item