Tarigan, Nurai A. D. (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA DI KELAS XI IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173141049 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4173141049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM 4173141049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 4173141049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM 4173141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM 4173141049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM 4173141049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 4173141049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan pada materi sistem pertahanan tubuh manusia tergolong rendah, hal ini lah yang menjadi latar belakang peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia yang ditinjau dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran dan faktor penyebab. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan. Sampel penelitian ini diambil secara purpossive sampling sebanyak 71 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif dengan jumlah rata-rata 50,68% dengan kategori sedang; (2) kesulitan belajar pada indikator pembelajaran soal pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia dengan jumlah rata-rata 49,67% yang dikategorikan Sangat Tinggi; (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal dan aspek eksternal. Faktor internal yang paling menghambat belajar siswa terdapat pada faktor kesehatan siswa dan faktor eksternal yang sangat menghambat belajar siswa terdapat pada faktor guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 229 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Sistem pertahanan tubuh; Hasil belajar; Kompetensi kognitif; Antigen; Antibodi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 09:07 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43987 |