Wahyudi, Muhammad (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106142014 Cover.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
2. 8106142014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. 8106142014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. 8106142014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. 8106142014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 8106142014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 8106142014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8106142014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8106142014 Bab I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
10. 8106142014 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
11. 8106142014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada materi ikatan kimia. Populasi dan sampel dalam penelitian terdiri dari enam kelas eksperimen dari dua sekolah. Dua kelas eksperimen pertama (E1) diajar dengan strategi pembelajaran langsung (SPL) yang dipadukan dengan media berbasis komputer. Dua kelas eksperimen kedua (E2) diajar dengan strategi pembelajaran koperatif (SPK) yang dipadukan dengan media berbasis komputer. Dua kelas eksperimen ketiga (E3) diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dipadukan dengan media berbasis komputer. Hasil belajar siswa diukur dengan instrumen hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan Anava satu jalur pada taraf signifikansi ∝=0,05. Hipotesis diuji dengan menggunakan Oneway Anova dengan program SPSS versi-17. Hasil penelitan menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung (SPL) dipadukan dengan media berbasis komputer dibanding strategi pembelajaran koperatif (SPK) dipadukan dengan media berbasis komputer pada materi ikatan kimia (sig. 0,001). (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung (SPL) dipadukan dengan media berbasis komputer dibanding strategi pembelajaran berbasis masalah(SPBM) dipadukan dengan media berbasis komputer pada materi ikatan kimia (sig. 0,013). (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dipadukan dengan media berbasis komputer dibanding strategi pembelajaran koperatif (SPK) dipadukan dengan media berbasis komputer pada materi ikatan kimia (sig. 0,514). (4) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung (SPL) dipadukan dengan media berbasis komputer dibanding strategi pembelajaran koperatif (SPK) dipadukan dengan media berbasis komputer dan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dipadukan dengan media berbasis komputer pada materi ikatan kimia (sig. 0,003). (5) Strategi pembelajaran yang paling optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran kooperatif (SPK) dipadukan dengan media berbasis komputer (0,66 ± 0,12).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 2 Wah p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran langsung; Strategi pembelajaran; Komputer; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4398 |