Ginting, Robin (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ICT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN RETENSI MEMORI BIOLOGI SISWA DI KELAS XII SMA NEGERI 6 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173027 Cover.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. 8126173027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
3. 8126173027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. 8126173027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. 8126173027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. 8126173027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 8126173027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 8126173027 Bab I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
9. 8126173027 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
10. 8126173027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Animasi dan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori biologi siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 6 Medan Jurusan IPA sebanyak 3 kelas. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar. Tes hasil belajar berjumlah 40 soal dalam bentuk pilihan ganda terdiri atas ranah kognitif C4 – C6 yang telah diuji reliabilitas dan validitasnya. Retensi memori siswa diperoleh dari hasil tes belajar setelah 21 hari materi selesai diajarkan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori siswa dianalisis dengan metode anacova menggunakan SPSS 19 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang sangat signifikan penggunaan media ICT terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII SMA Negeri 6 Medan pada topik Bioteknologi (F = 14,687;P = 0,000). Demikian juga halnya terdapat pengaruh yang sangat signifikan penggunaan media ICT terhadap retensi memori siswa SMA Negeri 6 Medan pada topik bioteknologi (F= 23,683; P=0,000). Hasil uji lanjut dengan uji tukey menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 6 Medan lebih tinggi dengan menggunakan media video pembelajaran dibandingkan dengan media animasi dan charta (P=0,000 < 0,001). Demikian juga halnya dengan retensi memori biologi siswa SMA Negeri 6 Medan lebih tinggi dengan menggunakan media video pembelajaran dibandingkan dengan media animasi dan charta (P=0,000 < 0,001).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Gin p |
Keywords: | Bioteknologi; Media animasi; Video pembelajaran; Kemampuan berpikir; Retensi memori; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4397 |