Manalu, Frans Dikky Agung Josua (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN 4D DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 TANJUNGMORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173141026 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 4173141026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM 4173141026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4173141026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 4173141026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM 4173141026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 4173141026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 4173141026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan dan keefektifan berdasarkan penilaian para ahli, diantaranya: ahli media, ahli materi, dan ahli Pembelajaran serta respon Guru mata pelajaran biologi dan siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tanjungmorawa terhadap video yang telah dikembangkan, Sampel penelitian ini siswa XI MIA dengan penilaian perorangan 3 orang, kelompok kecil 9 orang, kelompok terbatas 34 orang untuk melihat keefektifan video, Penelitian video Pembelajaran biologi pada materi sistem Pertahanan Tubuh termasuk jenis penelitian Pengembangan Research and Development (R&D), Pengembangan video Pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan atau model Pengembangan 4-D. Dimana model 4-D terdiri atas empat tahap, yakni define(pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian pada ahli materi dikategorikan layak, penilaian terhadap ali media pada video layak, penilaian terhadap ahli media pada video sangat layak, penilaian guru mata pelajaran biologi dengan Kategori Sangat layak, respon siswa pada video pembelajaran dengan kategori sangat layak, keefektifan video Pembelajaran dikatakan cukup efektif jika dilihat dari hasil perhitungan N-gain dengan kategori sedang , Keseluruhan Video Pembelajaran Biologi yang dikembangkan sudah sangat layak dan cukup efektif untuk dijadikan sebagai sumber belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 242 |
Keywords: | Pembelajaran daring; Media pembelajaran; Video pembelajaran; Sistem pertahanan tubuh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:49 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43969 |