ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P 2020/2021

Hasibuan, Febiola Ihsani (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173341024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173341024 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173341024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173341024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173341024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173341024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173341024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173341024  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173341024  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173341024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173341024  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173341024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173341024  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa menggunakan e-learning dan tanggapan dari siswa mengenai pembelajaran e-learning pada materi sistem koordinasi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan 1 instrumen soal pada pretest-postest dan 1 angket tanggapan siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 siswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kognitif siswa pada taksonomi Bloom dikategorikan sangat tinggi dengan hasil instrumen rata-rata nilai akhir 88,1. Berdasarkan ketercapaian indikator diperoleh rata-rata nilai akhir 91,67% termasuk pada kategori sangat tinggi. Tingkat ketuntasan belajar siswa diketahui bahwa 90,69% atau sebanyak 39 siswa dinyatakan tuntas sedangkan 9,3% atau 4 siswa masih belum tuntas belajar. Hasil angket tanggapan siswa diperoleh rata-rata dengan nilai kumulatifnya sebesar 75,7% siswa termasuk kedalam kategori yang memiliki tanggapan yang tinggi dan indikatornya diperoleh rata-rata dengan nilai 78,78% termasuk kedalam kategori yang memiliki tanggapan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 230
Keywords: Kemampuan kognitif; Sistem koordinasi manusia; Pembelajaran daring; Electronic learning; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:11
Last Modified: 03 Dec 2021 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43967

Actions (login required)

View Item
View Item