Hasibuan, Febiola Ihsani (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173341024 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 4173341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM. 4173341024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 4173341024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 4173341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 4173341024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
13. NIM. 4173341024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. NIM. 4173341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa menggunakan e-learning dan tanggapan dari siswa mengenai pembelajaran e-learning pada materi sistem koordinasi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan 1 instrumen soal pada pretest-postest dan 1 angket tanggapan siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 siswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kognitif siswa pada taksonomi Bloom dikategorikan sangat tinggi dengan hasil instrumen rata-rata nilai akhir 88,1. Berdasarkan ketercapaian indikator diperoleh rata-rata nilai akhir 91,67% termasuk pada kategori sangat tinggi. Tingkat ketuntasan belajar siswa diketahui bahwa 90,69% atau sebanyak 39 siswa dinyatakan tuntas sedangkan 9,3% atau 4 siswa masih belum tuntas belajar. Hasil angket tanggapan siswa diperoleh rata-rata dengan nilai kumulatifnya sebesar 75,7% siswa termasuk kedalam kategori yang memiliki tanggapan yang tinggi dan indikatornya diperoleh rata-rata dengan nilai 78,78% termasuk kedalam kategori yang memiliki tanggapan yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 230 |
Keywords: | Kemampuan kognitif; Sistem koordinasi manusia; Pembelajaran daring; Electronic learning; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:11 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43967 |