Sianturi, Elisa (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173341018 COVER.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2. NIM. 4173341018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 4173341018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 4173341018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM. 4173341018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
9. NIM. 4173341018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 4173341018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 4173341018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi invertebrata berdasarkan ahli materi, ahli pembelajaran, ahli design, tanggapan guru bidang studi, respon siswa dan keefektifan LKPD bagi siswa kelas X di SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli design, tanggapan guru bidang studi, respon siswa terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning dan instrument test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi, dinyatakan dengan persentase skor 90,30%, angket penilaian ahli pembelajaran dinyatakan dengan persentase skor 92,30%, angket penilaian ahli design dinyatakan dengan persentase skor 86,53%, angket penilaian guru bidang studi dinyatakan dengan persentase 91,66% dan angket penilaian siswa dinyatakan dengan persentase skor 94,39%. Jika dicocokkan dengan tabel kriteria kelayakan maka skor pencapaian ini termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil analisis efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) termasuk dalam kategori sedang dengan N-gain Score rata-rata 0,66.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 172 |
Keywords: | Problem based learning; Invertebrata; Model pembelajaran; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 08:50 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43963 |