PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2020/2021

Sianturi, Elisa (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173341018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173341018 COVER.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173341018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173341018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173341018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173341018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173341018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173341018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173341018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173341018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173341018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173341018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173341018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173341018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173341018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173341018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi invertebrata berdasarkan ahli materi, ahli pembelajaran, ahli design, tanggapan guru bidang studi, respon siswa dan keefektifan LKPD bagi siswa kelas X di SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli design, tanggapan guru bidang studi, respon siswa terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning dan instrument test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi, dinyatakan dengan persentase skor 90,30%, angket penilaian ahli pembelajaran dinyatakan dengan persentase skor 92,30%, angket penilaian ahli design dinyatakan dengan persentase skor 86,53%, angket penilaian guru bidang studi dinyatakan dengan persentase 91,66% dan angket penilaian siswa dinyatakan dengan persentase skor 94,39%. Jika dicocokkan dengan tabel kriteria kelayakan maka skor pencapaian ini termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil analisis efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) termasuk dalam kategori sedang dengan N-gain Score rata-rata 0,66.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 172
Keywords: Problem based learning; Invertebrata; Model pembelajaran; Lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:50
Last Modified: 30 Nov 2021 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43963

Actions (login required)

View Item
View Item