EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X

Sihotang, Dian Clara Natalia (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126176005 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126176005 Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126175010 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126175010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126176005 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126176005 Abstrak.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126176005 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126176005 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126176005 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126176005 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126176005 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126176005 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126176005 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126176005 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126176005 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126176005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126176005 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126176005 Bab I.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126176005 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126176005 Bab V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126176005 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126176005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung; 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; dan 3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry dan X-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sikap ilmiah yang terdiri dari 21 pernyataan dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung; 2) hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa dimana model pembelajaran ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sih e
Keywords: Listrik dinamis; Scientific inquiry; Sikap ilmiah; Pembelajaran langsung; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4395

Actions (login required)

View Item
View Item