Sihotang, Dian Clara Natalia (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126176005 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 8126175010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3. 8126176005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. 8126176005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. 8126176005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 8126176005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 8126176005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126176005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 8126176005 Bab I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
10. 8126176005 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. 8126176005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung; 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; dan 3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry dan X-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sikap ilmiah yang terdiri dari 21 pernyataan dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung; 2) hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa dimana model pembelajaran ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sih e |
Keywords: | Listrik dinamis; Scientific inquiry; Sikap ilmiah; Pembelajaran langsung; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4395 |