Komyadi (2014) PENERAPAN MEDIA SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA FASE PENGUMPULAN DATA PERCOBAAN DAN MENGOLAH SERTA MERUMUSKAN SUATU PENJELASAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DI SMA NEGERI 5 TAKENGON. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126175009 Cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 8126175009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3. 8126175009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. 8126175009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. 8126175009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. 8126175009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. 8126175009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 8126175009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. 8126175009 Bab I.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
10. 8126175009 Bab V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
11. 8126175009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pengumpulan data percobaan dan mengolah serta merumuskan penjelasan dalam mode pembelajaran inquiry training dengan menggunakan media simulasi PhET. Indikator keberhasilan tindakan ini adalah meningkatnya aktivitas dan keterampilan proses sains (KPS) dengan ketuntasan klasikal lebih besar dari 85%. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus memiliki empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Takengon kelas XI.IPA-1 yang terdiri dari 25 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, tes, observasi, dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 66,38 dan pada siklus II 81,74 dengan N-gain 45,69% (sedang). Nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa (aspek psikomotor ) pada siklus I adalah 66,18 dengan ketuntasan klasikal 36% dan pada siklus II 77,77 dengan ketuntasan klasikal 92% dengan N-gain 47,81% (sedang). Nilai rata-rata keterampilan proses sains (aspek kognitif) siswa pada siklus I adalah 61,87 dengan ketuntasan klasikal 48%, sedangkan pada siklus II 78,15 dan ketuntasan klasikal 88% dengan N-gain 69% (sedang). Hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus I positif dan pada siklus II sangat positif. Dengan demikian penerapan model pembelajaran inquiry training menggunakan media simulasi PhET dapat meningkatkan keterampilan proses sains (aspek psikomotor dan kognitif).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.420 712 Kom p |
Keywords: | Fluida; Inquiry training; Media simulasi; Physic Education Technology; Keterampilan proses sains; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4394 |