Adhayana, Sri Rahma (2021) PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMIK DENGAN BANTUAN SIGIL-SOFTWARE UNTUK MATERI VEKTOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173321052 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 4173321052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3. NIM. 4173321052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. NIM. 4173321052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 4173321052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
9. NIM. 4173321052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. NIM. 4173321052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
14. NIM. 4173321052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran e-book fisika menggunakan sigil-software pada materi vektor dan untuk menguji kelayakan media e-book yang dikembangkan melalui validasi para Ahli serta mengetahui kemenarikan respon peserta didik. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap development melibatkan dua validator untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap implementation melibatkan 31 peserta didik (di SMA S Dharma Pancasila, Medan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Variabel uji kelayakan e-book sebagai media pembelajaran selama masa pandemik memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 95,8% yang tergolong pada kategori tinggi, artinya e-book yang dikembangkan dengan sigil-software sudah layak untuk digunakan selama masa pandemik. (2) Variabel keefektifan memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 51,24% yang tergolong pada kategori cukup efektif, artinya e-book tersebut cukup efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan nilai pembelajaran fisika materi vektor. (3) Uji coba produk kepada peserta didik untuk memberi respon terhadap e-book dengan skor rata-rata keseluruhan 73.38% dengan kriteria “Layak” dan dapat disimpulkan bahwa e-book tersebut mendapatkan respon yang bagus dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 122 |
Keywords: | Digital book, Sigil-software; Vektor; Media pembelajaran; Pandemik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 02:57 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43933 |