PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2020/2021

Simamora, Sri Devi Sylvia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143121055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143121055 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143121055 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143121055 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143121055 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143121055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143121055 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143121055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143121055 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143121055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143121055 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143121055 BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4143121055 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4143121055 BAB V.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143121055 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143121055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI di SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian Two Group Pretest – Posttest design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA - 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA - 6 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 7 buah yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Sebelum dilakukannya pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretest kepada kedua kelas. Kemudian dilakukan Uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji-t dua pihak terhadap hasil pretes kedua kelas untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal siswa. Aktivitas keterampilan proses sains siswa diambil sesuai dengan rubrik menggunakan lembar observasi dan dilakukan oleh observer. Setelah pembelajaran selesai selanjutnya dilakukan posttest. Untuk hasil posttest dilakukan kembali uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji-t satu pihak. Uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak, hasil perhitungan statistik diperoleh nilai sig.(2 tailed) t-test for Equality of Means sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata posttest kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Fluida Statis di SMA Negeri 5 Medan kelas XI T.A 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 142
Keywords: Model pembelajaran; Fluida statis; Keterampilan proses sains; Inquiry training
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:44
Last Modified: 26 Nov 2021 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43931

Actions (login required)

View Item
View Item