Maulana, Dodi (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBASIS PETA PIKIRAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BABALAN KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126176006 Cover.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. 8126176006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. 8126176006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. 8126176006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. 8126176006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
6. 8126176006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. 8126176006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. 8126176006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8126176006 Bab I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
10. 8126176006 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
11. 8126176006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui signifikansi pengaruh model sinektik berbasis peta pikiran terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui signifikansi pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui signifikansi interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran sinektik berbasis peta pikiran dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran sinektik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal dan insrumen kreativitas matematik bentuk uraian sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik berbasis peta pikiran lebih baik dari hasil belajar model sinektik. Hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah. Model pembelajaran sinektik berbasis peta pikiran dan kreativitas berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mau e |
Keywords: | Pembelajaran sinektik; Berpikir kreatif; Peta pikiran; Sistem sosial; Aktivitas metaforis; Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4393 |