PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Nirwana (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172111035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172111035 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172111035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172111035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172111035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172111035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172111035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172111035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172111035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172111035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172111035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172111035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4172111035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan. Populasi dalam penelitian adalah kelas VII terdiri dari ±340 siswa yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII Terpadu 1 dan VII-1 yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Purposive Sampling yaitu dengan melakukan pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dari peneliti. Instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Ketiga instrumen tersebut telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika, dan untuk tes kemampuan komunikasi matematis juga telah divalidasi dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Peneliti menggunakan uji regresi linear sederhana. Pada uji normalitas diperoleh signifikansi 0,092 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada uji regresi dilakukan uji keberartian dan uji linearitas. Hasil uji keberartian, didapatkan Fhitung (14,59) > Ftabel (4,17) maka disimpulkan koefisien regresi berarti. Hasil uji linearitas, didapatkan signifikansi 0,242 > 0,05 maka terdapat hubungan yang linear. Untuk uji hipotesis dengan aplikasi SPSS, didapatkan signifikansi yaitu 0,001 < 0,05, dan pada pengujian dengan perhitungan manual, didapatkan nilai rhitung (0,572) > rtabel (0,349) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Selanjutnya, cara yang dilakukan peneliti yaitu dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, peneliti menerapkan tahapan dalam model Discovery Learning dalam LKPD, yang selanjutnya pada beberapa tahapan tersebut, mengandung ketiga aspek komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 272
Keywords: Discovery learning; Komunikasi matematis; Segiempat; Pembelajaran matematika; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:01
Last Modified: 25 Nov 2021 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43923

Actions (login required)

View Item
View Item