Nirwana (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172111035 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. NIM 4172111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
3. NIM 4172111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM 4172111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 4172111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
9. NIM 4172111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM 4172111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM 4172111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan. Populasi dalam penelitian adalah kelas VII terdiri dari ±340 siswa yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII Terpadu 1 dan VII-1 yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Purposive Sampling yaitu dengan melakukan pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dari peneliti. Instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Ketiga instrumen tersebut telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika, dan untuk tes kemampuan komunikasi matematis juga telah divalidasi dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Peneliti menggunakan uji regresi linear sederhana. Pada uji normalitas diperoleh signifikansi 0,092 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada uji regresi dilakukan uji keberartian dan uji linearitas. Hasil uji keberartian, didapatkan Fhitung (14,59) > Ftabel (4,17) maka disimpulkan koefisien regresi berarti. Hasil uji linearitas, didapatkan signifikansi 0,242 > 0,05 maka terdapat hubungan yang linear. Untuk uji hipotesis dengan aplikasi SPSS, didapatkan signifikansi yaitu 0,001 < 0,05, dan pada pengujian dengan perhitungan manual, didapatkan nilai rhitung (0,572) > rtabel (0,349) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Selanjutnya, cara yang dilakukan peneliti yaitu dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, peneliti menerapkan tahapan dalam model Discovery Learning dalam LKPD, yang selanjutnya pada beberapa tahapan tersebut, mengandung ketiga aspek komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 272 |
Keywords: | Discovery learning; Komunikasi matematis; Segiempat; Pembelajaran matematika; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 04:01 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43923 |