Sidabutar, Kartini Octaviyani (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PMR UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT MATEMATIS SISWA MTsN PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311059 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4173311059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3. NIM 4173311059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4. NIM 4173311059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 4173311059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
9. NIM 4173311059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIIM 4173311059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM 4173311059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran PMR untuk meningkatkan adversity quotient siswa yang valid. (2) menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran PMR untuk meningkatkan adversity quotient siswa yang praktis. (3) menemukan tahapan model PMR yang dapat menuntaskan secara efektif siswa terhadap adversity quotient matematis siswa. (4) mendeskripsikan peningkatan adversity quotient siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran PMR. Subjek penelitian ini adalah kelas VII MTsN Pematangsiantar pada semester ganjil dengan materi pecahan. Objek dari penelitian ini pengembangan model pembelajaran pendidikan matematika realistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan telah berhasil dikembangan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pembelajaran dikatakan valid jika memenuhi indikator valid dengan kategori penilaian (4 V 5). Kepraktisan dilihat dari angket respon siswa. Keefektifan dapat dilihat dari : (a) ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,6%, (b) Ketercapaian tiap indikator siswa sebesar 92,88%; 78,125%; 90,625%, (c) Ketercapaian alokasi waktu terpenuhi, serta (d) respon siswa yang positif sebesar 92,5%. Berdasarkan skala adversity quotient siswa dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor adversity quotient siswa sebelum diberikan perlakuan pembelajaran sebesar 129,68, setelah diberikan perlakuan pembelajaran sebesar 133,53.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 262 |
Keywords: | Adversity quotient; Matematika realistik; Pembelajaran matematika; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 03:50 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43901 |