Lumbantoruan, Rohani (2021) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI SUHU DAN KALOR MELALUI MOODLE KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4173121047 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. 4173121047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. 4173121047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. 4173121047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. 4173121047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
9. 4173121047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. 4173121047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. 4173121047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis virtual laboratory pada materi pokok suhu dan kalor yang berkualitas layak. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dibatasi menjadi tiga tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 30 siswa. Hasil dari penelitian yang didapatkan berdasarkan validasi oleh ahli materi yaitu termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 82,7%. Berdasarkan penilaian ahli media yaitu termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata 86,5%. Berdasarkan hasil uji kemenarikan oleh guru fisika termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase 91%. Produk LKPD yang dihasilkan memperoleh respon positif dari peserta didik, dilihat dari partisipasi selama proses pembelajaran dan juga didukung oleh data hasil penyebaran angket diperoleh pada uji coba kelompok kecil dengan sampel 8 siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dan uji coba kelompok besar dengan sampel 30 siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 90%, masing-masing termasuk dalam kategori sangat baik. LKPD fisika berbasis virtual laboratory yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik, ditunjukkan dengan perolehan N-gain sebesar 0,69 dikategorikan mengalami peningkatan sedang, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon peserta didik, dan nilai efektivitas dapat disimpulkan LKPD fisika berbasis virtual laboratory pada materi pokok suhu dan kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 095 |
Keywords: | Virtual laboratory; Suhu; Kalor; Moodle; Desain pembelajaran; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 09:32 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43894 |