Parinduri, Isti Ullfa (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMA NEGERI 1 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163121007 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 4163121007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
3. NIM. 4163121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM 4163121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 4163121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 4163121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM. 4163121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4163121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada materi Gerak Parabola dan menguji kelayakannya berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D. Pada penelitian pengembangan ini, dilakukan sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa untuk uji lapangan terbatas dan 37 siswa untuk uji lapangan lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas video pembelajaran dari segi media telah memenuhi kategori sangat layak, didapat rata-rata skor sebesar 3,65. Validitas video pembelajaran dari segi materi telah memenuhi kategori sangat layak, didapat rata-rata skor sebesar 3,81. Setelah video pembelajaran divalidasi, selanjutnya video pembelajaran direvisi sesuai saran dari validator. Video pembelajaran yang telah direvisi, ditunjukkan kembali ke validator. Jika validator telah memberikan pernyataan video pembelajaran dapat digunakan, selanjutnya dilakukan pengujian kepraktisan dan keefektifan. Pada uji lapangan terbatas, kepraktisan video pembelajaran telah memenuhi kategori baik, didapat rata-rata skor sebesar 3,23. Pada uji lapangan lebih luas, kepraktisan video pembelajaran telah memenuhi kategori baik, didapat rata-rata skor sebesar 3,22. Keefektifan video pembelajaran telah memenuhi kategori efektif, didapat rata-rata gain score sebesar 0,58. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 134 |
Keywords: | Video pembelajaran; Gerak parabola; Media pembelajaran; Microsoft power point; Kelas virtual; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 08:32 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43860 |