EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA

Siregar, Sriutami Kholila Mora (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126175017 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126175017 Cover.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126175017 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126175017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126175017 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126175017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126175017 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126175017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126175017 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126175017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126175017 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126175017 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126175017 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126175017 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126175017 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126175017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126175017 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126175017 Bab I.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126175017 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126175017 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126175017 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126175017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses Fisika siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation menggunakan peta konsep dan model pembelajaran Direct Instruction, untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains Fisika siswa yang mempunyai Gaya Belajar Kinestetik tinggi dan Gaya Belajar Kinestetik rendah, untuk mengetahui Interaksi antara Model Pembelajaran dan Gaya Belajar Kinestetik terhadap keterampilan proses sains Fisika siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Kooperatif Group Investigation menggunakan Peta Konsep dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan Model Pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan proses sains Fisika dalam bentuk uraian sebanyak 13 soal dan insrumen angket Gaya Belajar Kinestetik yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains Fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation menggunakan Peta Konsep dan Model Pembelajaran Direct Instruction. Terdapat perbedaan keterampilan proses sains Fisika siswa yang memiliki Gaya Belajar Kinestetik tinggi dan siswa yang memiliki Gaya Belajar Kinestetik rendah. Interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation menggunakan Peta Konsep dan Gaya Belajar Kinestetik dalam mempengaruhi keterampilan proses sains Fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 536.071 2 Sir e
Keywords: Suhu; Kalor; Group investigation; Direct Instruction; Peta konsep; Pembelajaran kooperatif; Gaya belajar kinestetik; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4384

Actions (login required)

View Item
View Item