Sihite, Fira Yulinar (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173121019 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4173121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 4173121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 4173121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM. 4173121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4173121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM. 4173121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM. 4173121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Parabola di kelas X SMAN 1 Doloksanggul T.P 2020/2021. Jenis penelitan yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Doloksanggul. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu X IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang dan X IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa. Pada penguiian normalitas nilai pretest pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung Ltabel , maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model discovery learning berbantuan laboratorium virtual dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diperoleh lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji t diperoleh thitung
ttabel maka ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model discovery learning berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak parabola di kelas X SMAN 1 Doloksanggul T.P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 115 |
Keywords: | Model pembelajaran; Discovery learning; Lab virtual; Gerak parabola; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 09:09 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43825 |