PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA

Sihite, Fira Yulinar (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173121019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173121019 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173121019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173121019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173121019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173121019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173121019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173121019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173121019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173121019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173121019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173121019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173121019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Parabola di kelas X SMAN 1 Doloksanggul T.P 2020/2021. Jenis penelitan yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Doloksanggul. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu X IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang dan X IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa. Pada penguiian normalitas nilai pretest pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung Ltabel , maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model discovery learning berbantuan laboratorium virtual dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang diperoleh lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hasil uji t diperoleh thitung
ttabel maka ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model discovery learning berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak parabola di kelas X SMAN 1 Doloksanggul T.P 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 115
Keywords: Model pembelajaran; Discovery learning; Lab virtual; Gerak parabola; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Nov 2021 09:09
Last Modified: 18 Nov 2021 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43825

Actions (login required)

View Item
View Item