Ramadhan, Dinda Lyani (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA MENGGUNAKAN ANDROID APPYET PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN UNTUK SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172121005 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 4172121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM 4172121005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 4172121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5. NIM 4172121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 4172121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
13. NIM 4172121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 4172121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan e-modul, untuk mengetahui kelayakan e-modul fisika berbasis android appyet pada materi gerak melingkar beraturan, untuk mengetahui respon guru fisika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan produk pada tahap pengembangan melibatkan dua orang validator yaitu ahli materi dan ahli media. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji coba skala kecil melibatkan 8 orang siswa, uji coba skala besar melibatkan 36 orang siswa. Instrument yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase rata-rata yaitu 91% dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 97% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru fisika, memuat 3 aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan penilaian bahasa dengan presentase rata-rata yaitu 96%. Hasil uji kelayakan e-modul oleh respon siswa dari angket yang diberikan baik uji skala kecil maupun skala besar mendapatkan rata-rata 98% dan 96%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat menarik dan sangat layak sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 110 |
Keywords: | E-modul; Android; Appyet; Gerak melingkar beraturan; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 07:24 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43807 |