Manurung, Debora R. (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173121008 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4173121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. NIM 4173121008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4173121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 4173121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 4173121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM 4173121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14. NIM 4173121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha dan energi yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Lumbanjulu berjumlah 35 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari validasi ahli materi dengan pesentasi 89% dan ahli pembelajaran sebesar 86%. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 6 responden sebesar 93%, sedangkan uji kelompok besar dengan melibatkan 35 responden sebesar 91% dan respon guru melibatkan 3 responden memperoleh persentasi 94%. Berdasarkan perhitungan nilai gain, LKPD berbasis pendekatan saintifik termasuk dalam kategori sedang untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan nilai 0,67. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 127 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Keterampilan proses sains; Perangkat pembelajaran; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 06:43 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43804 |