Siregar, Anggi Namira (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI VEKTOR UNTUK SMA/MA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173321004 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. NIM 4173321004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3. NIM. 4173321004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
4. NIM. 4173321004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 4173321004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
9. NIM. 4173321004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM. 4173321004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 4173321004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan e-modul, untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi vektor untuk SMA/MA kelas X, untuk mengetahui respon guru fisika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul dan untuk mengetahui keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan produk pada tahap pengembangan melibatkan dua orang validator yaitu ahli materi dan ahli media. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji coba skala besar melibatkan 36 orang siswa, uji coba skala kecil melibatkan 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon guru dan angket respon siswa.Untuk mengetahui keefektifan e-modul dengan memberikan soal pretest dan posttest. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase rata-rata yaitu 88,67% dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 95,5% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru fisika, memuat 3 aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan penilaian bahasa dengan persentase rata-rata yaitu 93%.. Hasil uji kelayakan e-modul oleh respon siswa dari angket yang diberikan baik uji skala kecil maupun skala besar mendapatkan rata-rata 95,4% dan 94,8%, hasil uji keefektifan e-modul yang diberikan kepada kelompok kecil dan besar mendapatkan N-gain sebesar 80 dan 82 Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan menarik, sangat layak, dan efektif sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 109 |
Keywords: | Modul pembelajaran; Pendekatan saintifik; E-modul; Bahan ajar; Vektor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 05:11 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43801 |