Situmorang, Windi Shayang (2021) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171111058 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4171111058 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 4171111058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 4171111058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 4171111058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM. 4171111058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 4171111058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
14. NIM. 4171111058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui kajian literatur yang relevan dan mengetahui perbedaan efektivitas penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik ditinjau dari respon siswa dari setiap penelitian yang dikaji. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu dengan mempelajari data dari jurnal atau skripsi yang relevan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini mengggunakan dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan jurnal dan skripsi yang relevan dengan penelitian. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendekatan pendidikan matematika realistik efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) tidak terdapat perbedaan ektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah jika ditinjau dari respon siswa dalam setiap artikel yang peneliti gunakan, karena pada masing-masing artikel respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik adalah positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 228 |
Keywords: | Pendidikan matematika realistik; Pemecahan masalah; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 06:38 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43776 |