Fairuz, Harry (2014) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126141007 Cover.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. 8126141007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126141007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
4. 8126141007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. 8126141007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
6. 8126141007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
7. 8126141007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
8. 8126141007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
9. 8126141007 Bab I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
10. 8126141007 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
11. 8126141007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Problem-Based Learning dan media animasi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X-IA SMA Negeri 1 Stabat, SMA Persiapan Stabat dan SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai yang terdiri dari 13 kelas, setiap kelas rata-rata terdiri atas 35 orang siswa, sehingga jumlah seluruh siswa sebanyak 455 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel serta lembar observasi untuk menilai aspek afektif dan psikomotorik siswa. Hasil pengujian hipotesis Ho pertama diperoleh nilai Sig<0,05 yaitu secara berurut 0,000< 0,05 ; 0,000 < 0,05 ; 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak yaitu peningkatan hasil belajar kimia aspek kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem-Based Learning dan media animasi lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Hasil pengujian hipotesis Ho kedua diperoleh nilai Sig > 0,05 yaitu secara berurut 0,576>0,05 ; 0,191>0.05 ; 0,407 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti Ho diterima yaitu peningkatan hasil belajar kimia aspek afektif siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem-Based Learning dan media animasi tidak lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Untuk Ha ketiga diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu secara berurut 0,323>0,05 ; 0,000<0,05 ; 0,000<0,05. Hal ini berarti Ho ditolak yaitu peningkatan hasil belajar kimia aspek psikomotorik siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem-Based Learning dan media animasi lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 071 2 Fai e |
Keywords: | Larutan elektrolit; Non-elektrolit; Media animasi; Metode eksperimen; Pembelajaran inkuiri; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 01:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4375 |