PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KOLABORATIF DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA

Pohan, Ainul Ahdalina (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KOLABORATIF DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126142001 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126142001 Cover.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126142001 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126142001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126142001 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126142001 Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126142001 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126142001 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126142001 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126142001 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126142001 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126142001 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126142001 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126142001 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126142001 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126142001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126142001 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126142001 Bab I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126142001 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126142001 Bab V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126142001 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126142001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajarkan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kolaboratif memanfaatkan media komputer dengan siswa yang diajarkan model Direct Instruction (DI) tanpa media komputer; 2) perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang memiliki karakter kreativitas tinggi dengan yang memiliki karakter kreativitas rendah; 3) interaksi antara model pembelajaran dan karakter kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa; 4) perbedaan karakter kreativitas antara siswa yang diajarkan model PBL berbasis kolaboratif memanfaatkan media komputer dengan yang diajarkan model DI tanpa media komputer; dan 5) ranah kognitif yang berkembang antara siswa yang diajarkan model PBL berbasis kolaboratif memanfaatkan media komputer dengan yang diajarkan model DI tanpa media komputer.Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Rantau Utara sebanyak 6 kelas dan SMA Negeri 2 Rantau Utara sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas dari SMA Negeri 1 dan 2 kelas dari SMA Negeri 2 Rantau Utara. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda, angket dan lembar observasi tentang karakter kreativitas yang telah divalidasi oleh validator. Teknik analisis yang digunakan teknik Analisis varians dua jalur (Two Ways Anova) dan uji Independet Sampel T-Test (uji-t) dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia antara siswa yang diajarkan dengan model PBL berbasis kolaboratif memanfaatkan media komputer dengan siswa yang diajarkan model DI tanpa media komputer (p = 0,000 < 0,05); 2) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang memiliki karakter kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki karakter kreativitas rendah (p = 0,004 < 0,05); 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan karakter kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa (p = 0,000 < 0,05); 4) terdapat perbedaan yang signifikan nilai karakter kreativitas antara siswa yang diajarkan dengan model PBL berbasis kolaboratif memanfaatkan media komputer dengan siswa yang diajarkan model DI tanpa media komputer (0,013 < 0,05); dan 5) ranah kognitif yang berkembang untuk kelompok siswa yang diajarkan dengan model PBL berbasis kolaboratif memanfaatkan media komputer yaitu: C1 sebesar 91% (tinggi), C2 sebesar 76,7% (tinggi), C3 sebesar 61,5% (sedang), dan C4 sebesar 60,9% (sedang).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.393 071 2 Poh p
Keywords: Kreativitas; Kolaborasi; Hidrolisis garam; Direct instruction; Media komputer; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 May 2016 01:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4374

Actions (login required)

View Item
View Item