PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Saragih, Helida Malasari (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4163311021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4163311021 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4163311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4163311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4163311021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4163311021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4163311021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4163311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4163311021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4163311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4163311021 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4163311021 BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4163311021 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4163311021 BAB V.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4163311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4163311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VII SMP Tri Jaya Medan tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Tri Jaya Medan yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, tes kemampuan komunikasi matematis I, dan tes kemampuan komunikasi matematis II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi aritmatika sosial sebelum diberi tindakan siswa belum mampu dalam menggambarkan ide – ide matematis melalui tulisan (49,21%), siswa belum mampu dalam menggunakan model – model matematika (27,34%), dan siswa belum mampu dalam memahami ide – ide matematis secara tulisan (23,43%). Setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh siswa telah mampu dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan dari suatu masalah atau informasi, siswa mampu menggambarkan ide – ide matematis melalui tulisan, siswa mampu menggunakan model – model matematika, dan siswa mampu memahami ide – ide matematis secara tulisan. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pada siklus I secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas adalah 5 siswa dari 21 siswa (23,81%) dengan rata-rata 64,95, pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 siswa dari 21 siswa (85,71%) dengan rata-rata 76,58 dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena 85% dari jumlah siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori cukup yaitu minimal nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Tri Jaya Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 232
Keywords: Komunikasi matematis; Pembelajaran berbasis masalah; Aritmatika sosial; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:13
Last Modified: 12 Nov 2021 08:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43706

Actions (login required)

View Item
View Item