Purba, Fadhilah Chairunnisa (2021) STUDI LITERATUR MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4162111005 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4162111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3. NIM 4162111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4162111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM 4162111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
9. NIM 4162111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
13. NIM 4162111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4162111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan kategori effect size, menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning, mengetahui kelebihan dan kekurangan model Project Based Learning melalui studi literatur dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan metode kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibuktikan dengan hasil perhitungan rata-rata effect size secara keseluruhan yaitu sebesar 1,42 (kategori sangat besar). Dengan adanya pengaruh yang positif maka terjadi pula peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui model PjBL. Kelebihan model PjBl dalam pembelajaran matematika antara lain memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajar secara individu dengan berbagai pendekatan belajar, meningkatkan kolaborasi untuk mengkonstruksi pengetahuan, meningkatkan hubungan sosial dan keahlian berkomunikasi, serta membuka peluang bagi siswa untuk melihat hubungan antar disiplin ilmu. Terakhir, kekurangan model PjBL yaitu siswa perlu penyesuaian dengan tahapan-tahapan pembelajarannya dan model PjBL tidak selalu sesuai untuk setiap materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 206 |
Keywords: | Project based learning; Pemahaman konsep matematis; Pembelajaran matematika; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 05:37 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43703 |