STUDI LITERATUR MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Purba, Fadhilah Chairunnisa (2021) STUDI LITERATUR MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4162111005  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4162111005 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4162111005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4162111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4162111005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4162111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4162111005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4162111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4162111005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4162111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4162111005  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4162111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4162111005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4162111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4162111005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4162111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan kategori effect size, menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning, mengetahui kelebihan dan kekurangan model Project Based Learning melalui studi literatur dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan metode kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibuktikan dengan hasil perhitungan rata-rata effect size secara keseluruhan yaitu sebesar 1,42 (kategori sangat besar). Dengan adanya pengaruh yang positif maka terjadi pula peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui model PjBL. Kelebihan model PjBl dalam pembelajaran matematika antara lain memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajar secara individu dengan berbagai pendekatan belajar, meningkatkan kolaborasi untuk mengkonstruksi pengetahuan, meningkatkan hubungan sosial dan keahlian berkomunikasi, serta membuka peluang bagi siswa untuk melihat hubungan antar disiplin ilmu. Terakhir, kekurangan model PjBL yaitu siswa perlu penyesuaian dengan tahapan-tahapan pembelajarannya dan model PjBL tidak selalu sesuai untuk setiap materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 206
Keywords: Project based learning; Pemahaman konsep matematis; Pembelajaran matematika; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Nov 2021 05:37
Last Modified: 12 Nov 2021 05:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43703

Actions (login required)

View Item
View Item