PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI KULTUR JARINGAN KELAS XII SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT ASAHAN

Pertiwi, Sukma Rezeki (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI KULTUR JARINGAN KELAS XII SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126173029 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126173029 Cover.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126173029 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126173029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126173029 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126173029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126173029 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126173029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126173029 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126173029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126173029 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126173029 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126173029 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126173029 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126173029 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126173029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126173029 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126173029 Bab I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126173029 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126173029 Bab V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126173029 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126173029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan model media pembelajaran interaktif yang akan digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah tingkat SMA. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian pengembangan dan analisis statistic atau metode eksperimen. Hasil penelitian akan diperoleh hipotesis deskriptif dan hipotesis statistik. Penelitian dilakukan secara procedural yang terbagi kedalam 2 tahap yaitu validitas dan pengembangan dengan menggunakan aplikasi computer untuk media kuis interaktif dan untuk modul akan diintegrasikan ke dalam website yang dapat diakses di internet. Kemudian hasil akhir akan bertujuan untuk hipotesis hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 kelas XII SMA Negeri 1 Simpang Empat Asahan. Sementara sampelnya adalah 2 kelas dari total 3 kelas populasi yaitu kelas XII IPA 1 DAN XII IPA 2. Alur rancangan penelitian terbagi 2 jenis yaitu procedural pengembangan (1). Validasi ahli materi kultur jaringan oleh dosen yang berkompeten dibidangnya. (2). Validasi ahli desain media pembelajaran yang dilakukan pada pengembangan media pembelajaran interaktif. (3). Revisi pengembangan (tahap I), berdasarkan penilaian yang diperoleh dari hasil kritikan atau saran dari 2 ahli materi dan 2 ahli desain media pembelajaran, (4). Uji coba terhadap program ini berdasarkan angket yang diisi oleh 3 orang siswa pada uji perorangan, (5). Revisi produk tahap II, dan 10 orang siswa pada uji coba kelompok kecil, (6). Revisi produk akhir, uji coba lapangan terbatas terhadap 30 orang siswa, (7). Hasil produk media pengembangan interaktif berbasis blended learning. Dan procedural statistik untuk memperoleh uji hipotesis (1)Validitas butir soal, (2) Reabilitas butir soal, (3) Tingkat kesukaran, (4) Daya beda soal, (5) Uji normalitas data, (6) Uji homogenitas, (7) Uji hipotesis. Dari data hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,07 > 2,02. Hal ini berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima sehingga disimpulkan “Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Blended Learning lebih besar daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Konvensional”. Diperoleh data hasil pengembangan media yaitu : (1) data uji kepada 30 orang mahasiswa diperoleh rata-rata sebesar 83,6%, (2) data uji Dosen ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 84,42%, dan (3)data uji ahli media diperoleh rata-rata sebesar 83,28%. Dan dari total keseluruhan rata-rata perhitungan hasil uji pengembangan video adalah 84% (kategori layak). Namun perlu adanya pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 571.207 12 Per p
Keywords: Kultur jaringan; Blended learning; Pembelajaran interaktif; Media pembelajaran; Wondershare Quiz Creator
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 May 2016 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item
View Item