Afni, Khairina (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN OTENTIK PADA MATA KULIAH KULTUR JARINGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126174008 Cover.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. 8126174008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
3. 8126174008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. 8126174008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. 8126174008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. 8126174008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. 8126174008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. 8126174008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. 8126174008 Bab I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
10. 8126174008 Bab V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
11. 8126174008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas, kelayakan dan efektivitas perangkat penilaian otentik yang dikembangkan pada mata kuliah kultur jaringan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNIMED pada bulan Januari-Juni 2014, dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian pengembangan ini secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga prosedur, yaitu tahap pertama adalah model pengembangan produk dengan melakukan analisis kebutuhan melalui analisis materi, standart kompetensi dan tugas, tahap kedua adalah prosedur pengembangan produk berupa perancangan produk penilaian, validasi oleh tim ahli, dan tahap ketiga adalah uji coba produk yang meliputi uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar . Produk yang dihasilkan berupa perangkat penilaian otentik yang digunakan mahasiswa Pendidikan Biologi UNIMED semester VIII angkatan 2010. Perangkat penilaian otentik disusun dan dinilai layak oleh tim validasi. Hasil penilaian tim ahli materi menunjukkan rata-rata 86% kategori sangat baik, dan ahli desain penilaian 95% dengan kategori sangat baik. Uji coba perorangan 77% dengan kriteria sangat baik. Uji coba kelompok kecil 82% dengan kriteria sangat baik, uji coba kelompok besar 89% dengan kategori sangat baik. Uji coba kelayakan produk 89% dengan kategori sangat layak yang sangat sesuai dengan hasil uji coba efektivitas pada perangkat penilaian otentik dan 42 mahasiswa semester VIII pendidikan biologi UNIMED menilai 89% efektivitas perangkat penilaian otentik pada mata kuliah kultur jaringan ini sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.207 11 Afn p |
Keywords: | Kultur jaringan; Penilaian otentik; Project assessment; Portfolio assessment; Student self assessment; Written assessment; Kinerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4369 |