Yulita, Elly (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173111019 COVER.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2. NIM. 4173111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 4173111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
4. NIM. 4173111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM. 4173111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
9. NIM. 4173111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 4173111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 4173111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di Kelas X SMA Muhammadiyah 02 Medan T.A. 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 02 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 243 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue roblem Solving Heuristic dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu data posttest yang terdiri dari 3 soal uraian yang telah divalidasi. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas terlebih dahulu, dengan hasil posttest kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama dua kali pertemuan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Logan Avenue roblem Solving Heuristic diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,43 dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,73. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dengan α= 0,05 dan dk = n1 + n2 -2 = 58. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (10,11) > ttabel (1,671) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang lebih besar dan signifikan dari model pembelajaran Logan Avenue roblem Solving Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Muhammadiyah 02 Medan T.A. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 269 |
Keywords: | Pemecahan masalah; Eksperimen semu; Logan avenue problem solving heuristic; Pembelajaran ekspositori; Sistem persamaan linear tiga variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 09:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43688 |