PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.A 2021/2022

Yulita, Elly (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173111019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173111019 COVER.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173111019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173111019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173111019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173111019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173111019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173111019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173111019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173111019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173111019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di Kelas X SMA Muhammadiyah 02 Medan T.A. 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 02 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 243 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue roblem Solving Heuristic dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu data posttest yang terdiri dari 3 soal uraian yang telah divalidasi. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas terlebih dahulu, dengan hasil posttest kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama dua kali pertemuan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Logan Avenue roblem Solving Heuristic diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,43 dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,73. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dengan α= 0,05 dan dk = n1 + n2 -2 = 58. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung (10,11) > ttabel (1,671) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang lebih besar dan signifikan dari model pembelajaran Logan Avenue roblem Solving Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Muhammadiyah 02 Medan T.A. 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 269
Keywords: Pemecahan masalah; Eksperimen semu; Logan avenue problem solving heuristic; Pembelajaran ekspositori; Sistem persamaan linear tiga variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Nov 2021 09:03
Last Modified: 10 Nov 2021 09:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43688

Actions (login required)

View Item
View Item