Ginting, Debby Sundari (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SMA SWASTA USIA TAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111006 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4141111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. NIM. 4141111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 4141111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM. 4141111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM. 4141111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
12. NIM. 4141111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13. NIM. 4141111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran MEAs lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL di SMA SWASTA USIA TAMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA SWASTA USIA TAMA yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih berdasarkan kelas-kelas atau kelompok yang sudah ada, dimana kelas X-2 sebagai kelas eksperimen MEAs dengan jumlah sampel 38 orang dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen PBL dengan jumlah sampel 40 orang. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrument yaitu pretest dan posttest dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen MEAs 31,17 dan kelas eksperimen PBL memperoleh nilai rata-rata 20,19. Dari hasil uji hipotesis posttest diperoleh thiting(10,6443) > ttabel(1,9767) dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran MEAs lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL di SMA SWASTA USIA TAMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 274 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Model eliciting activities; Sistem persamaan linear tiga variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 05:16 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 05:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43679 |