PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAYA T.A 2020/2021

Saragih, Citra Sintya (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAYA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163311011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163311011 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4163311011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4163311011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4163311011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4163311011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4163311011 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4163311011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4163311011 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4163311011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4163311011 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4163311011 BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4163311011 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4163311011 BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 14. NM 463311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NM 463311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Raya. (2) Mendeskripsikan proses jawaban siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning di kelas VIII SMP Negeri 2 Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Raya pada semester genap T.A 2020/2021 yang berjumlah 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada materi kubus dan balok. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 67,50 dengan 44,44% dari 18 siswa telah mencapai ketuntasan belajar kemudian meningkat pada siklus II sehingga rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 84,86 dengan 88,08% dari 18 siswa telah mencapai ketuntasan belajar. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam memecahkan masalah matematis lebih baik pada siklus II di setiap aspek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 233
Keywords: Model pembelajaran; Discovery learning; Pemecahan masalah matematika; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:43
Last Modified: 10 Nov 2021 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43678

Actions (login required)

View Item
View Item