Saragih, Citra Sintya (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAYA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163311011 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 4163311011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM 4163311011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4163311011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 4163311011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM 4163311011 BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM 4163311011 BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NM 463311011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Raya. (2) Mendeskripsikan proses jawaban siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning di kelas VIII SMP Negeri 2 Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Raya pada semester genap T.A 2020/2021 yang berjumlah 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada materi kubus dan balok. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 67,50 dengan 44,44% dari 18 siswa telah mencapai ketuntasan belajar kemudian meningkat pada siklus II sehingga rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 84,86 dengan 88,08% dari 18 siswa telah mencapai ketuntasan belajar. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam memecahkan masalah matematis lebih baik pada siklus II di setiap aspek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 233 |
Keywords: | Model pembelajaran; Discovery learning; Pemecahan masalah matematika; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 03:43 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43678 |