Widya, Cici (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 2 HINAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161111019 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 4161111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM 4161111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM 4161111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM 4161111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
9. NIM 4161111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM 4161111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM 4161111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Pada pembelajaran matematika, siswa terlihat kesulitan untuk menggali kemampuannya mengemukakan ide atau strategi dalam menyelesaikan masalah. Permasalahan tersebut diperlukan adanya tindakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Atas dasar tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Berpikir Kreatif siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa di SMP Negeri 2 Hinai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu (1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat, (2) terdapat 85% siswa yang mengikuti tes telah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis minimal kategori sedang, (3) hasil observasi aktivitas guru dan siswa menunjukkan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan awal siswa adalah 55,205. Nilai rata-rata siswa pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 62,915 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 50% dan pada siklus II menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar kelas VIII.C SMP Negeri 2 Hinai. Model pembelajaran ini dapat lebih optimal jika diikuti dengan pengelolaan kelas dan perencanaan yang baik oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 279 |
Keywords: | Berpikir kreatif; Pembelajaran berbasis masalah; Kubus; Balok; Penelitian tindakan kelas; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 03:27 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43677 |