Tanjung, Asrifida Juwita (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163111006 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 4163111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
3. NIM 4163111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM 4163111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 4163111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
9. NIM 4163111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM 4163111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM 4163111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-3 di MTs Negeri 2 Medan yang dipilih tiga siswa dengan gaya kognitif field dependent dan tiga siswa dengan gaya kognitif field independent. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin (1973). Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bhwa: (1). Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan langkah-langkah Polya dengan model STAD adalah 23,33% siswa dengan kategori sangat baik, 36,67% siswa dengan kategori baik, 30% siswa dengan kategori cukup, 6,67% siswa dengan kategori kurang, dan 3,33% siswa dengan kategori sangat kurang, (2). Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent adalah mampu dalam memahami masalah kurang mampu dalam merencanakan penyelesaian, mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian, serta kurang mampu dalam memeriksa kembali, dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent adalah mampu dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, serta memeriksa kembali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 252 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Gaya kognitif; Proses berpikir; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Gaya belajar; Persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 07:55 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43675 |