Hasibuan, Husnul Fitri (2014) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BAGI SISWA SMP PADA MATERI EKOSISTEM MANGROVE. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173003 Cover.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. 8106173003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106173003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. 8106173003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. 8106173003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. 8106173003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. 8106173003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. 8106173003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8106173003 Bab I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
10. 8106173003 Bab V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
11. 8106173003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitan penggunaan media pembelajaran sebagai bahan pembelajaran biologi bagi siswa smp pada materi ekosistem mangrove ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaran ekologi berbasis camtasia pada ekosistem mangrove; dan (2) kelayakan media pembelajaran ekologi berbasis camtasia untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 44 Belawan Medan. Subjek penelitian ini adalah reviewer di 3 bidang, yaitu: bidang pendidikan, bidang media video, dan bidang ekosistem dimana masing-masing bidang terdiri dari 2 orang reviewer yang sekaligus menjadi validator, serta diuji kembali kepada 3 orang guru bidang studi biologi. Kemudian untuk uji coba kelompok terbatas dilakukan kepada 34 orang siswa SMP Negeri 44 Belawan Medan. Metode yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), yakni: menghasilkan produk media video camtasia pada materi ekosistem mangrove. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) data hasil penilaian siswa terhadap penggunaan media camtasia diperoleh data nilai rata-rata aspek penilaian media camtasia, yaitu: (1) efek strategi pembelajaran = 3,36 ± 0,39 ( ±SD); (2) komunikasi = 3,54 ± 0,35; dan (3) desain teknis = 3,24 ± 0,38; dan (2) data hasil persepsi guru terhadap media camtasia diperoleh data nilai rata-rata indikator penilaian media camtasia, yaitu: (1) judul = 4,00; (2) materi/isi = 3,67; (3) tujuan pembelajaran = 4,00; (4) penyajian = 3,67; (5) musik = 3,67; (6) narasi/suara = 4,00; (7) visual/gambar = 3,67; dan (8) narasi program media = 3,67. Dengan demikian secara keseluruhan pada rata-rata tiap-tiap indikator penilaian guru terhadap media camtasia maka media pembelajaran ekosistem mangrove berbasis camtasia dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk siswa SMP Kelas VII dalam mempelajari mata pelajaran biologi pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.698 071 2 Has p |
Keywords: | Ekosistem; Mangrove; Organisme; Camtasia; Rantai makanan; Unsur hara; Daun A. Marina; Lingkungan alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4367 |