Banjarnahor, Samuel (2020) Pembelajaran Ansambel Pianika Pada Anak Tingkat Awal Di Aliansi Belajar Dan Ruang Kreatif Kisaran. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143340031 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 2143340031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 2143340031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 2143340031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 2143340031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM. 2143340031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM. 2143340031 TABLES.pdf - Published Version
Download (0B)
8. NIM. 2143340031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
12. NIM. 2143340031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13. NIM. 2143340031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran ansambel pianika pada anak tingkat awal, untuk mengetahui kemampuan peserta didik, dan untuk mengetahui hambatan pada pembelajaran ansambel pianika. Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran, pengertian ansambel, instrumen musik, pianika, teori kemampuan pembelajaran, dan teori hambatan pembelajaran. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di sanggar Aliansi Belajar dan Ruang Kreatif yang beralamat di Jl. Merpati No. 38 Kisaran. Hasil penelitan bahwa pembelajaran ansambel pianika pada anak tingkat awal di Aliansi Belajar menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam latihan seperti metode ceramah, metode mengajar sesama teman (peer teaching method), metode demonstrasi, metode drill/ latihan, metode kerja kelompok, metode dewey danmetode gaudig scheibner. Kemampuan peserta didik dalam pembelajaran ansambel pianika terdapat 10 siswa yang mengikuti pembelajaran hasilnya 6 siswa mampu dan 4 siswa yang tidak mampu mengikuti pembelajaran. Hambatan-hambatan dalam pembelajaran ansambel pianika yaitu adanya perbedan tingkat kemampuan antar murid dalam memahami materi yang diberikan, pada saat proses pembelajaran ada beberapa murid yang asik mengobrol dan kurang fokus, beberapa murid belum tepat dalam menempatkan penjarian di tuts pianika, beberapa murid terkadang tidak hadir, Murid lebih tertarik kepada lagu-lagu barat daripada lagu tradisi nusantara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa di aliansi belajar dan ruang kreatif kisaran kurang mampu dalam bermain ansambel pianika secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran; ansambel; pianika |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1375 Instrumental music for children M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 07:49 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43661 |