Pembelajaran Ansambel Pianika Pada Anak Tingkat Awal Di Aliansi Belajar Dan Ruang Kreatif Kisaran

Banjarnahor, Samuel (2020) Pembelajaran Ansambel Pianika Pada Anak Tingkat Awal Di Aliansi Belajar Dan Ruang Kreatif Kisaran. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2143340031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2143340031 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2143340031 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 2143340031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 3. NIM. 2143340031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2143340031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2143340031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2143340031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2143340031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2143340031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2143340031 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM. 2143340031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 7. NIM. 2143340031 TABLES.pdf] Text
7. NIM. 2143340031 TABLES.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 8. NIM. 2143340031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2143340031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2143340031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2143340031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2143340031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2143340031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran ansambel pianika pada anak tingkat awal, untuk mengetahui kemampuan peserta didik, dan untuk mengetahui hambatan pada pembelajaran ansambel pianika. Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran, pengertian ansambel, instrumen musik, pianika, teori kemampuan pembelajaran, dan teori hambatan pembelajaran. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di sanggar Aliansi Belajar dan Ruang Kreatif yang beralamat di Jl. Merpati No. 38 Kisaran. Hasil penelitan bahwa pembelajaran ansambel pianika pada anak tingkat awal di Aliansi Belajar menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam latihan seperti metode ceramah, metode mengajar sesama teman (peer teaching method), metode demonstrasi, metode drill/ latihan, metode kerja kelompok, metode dewey danmetode gaudig scheibner. Kemampuan peserta didik dalam pembelajaran ansambel pianika terdapat 10 siswa yang mengikuti pembelajaran hasilnya 6 siswa mampu dan 4 siswa yang tidak mampu mengikuti pembelajaran. Hambatan-hambatan dalam pembelajaran ansambel pianika yaitu adanya perbedan tingkat kemampuan antar murid dalam memahami materi yang diberikan, pada saat proses pembelajaran ada beberapa murid yang asik mengobrol dan kurang fokus, beberapa murid belum tepat dalam menempatkan penjarian di tuts pianika, beberapa murid terkadang tidak hadir, Murid lebih tertarik kepada lagu-lagu barat daripada lagu tradisi nusantara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa di aliansi belajar dan ruang kreatif kisaran kurang mampu dalam bermain ansambel pianika secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran; ansambel; pianika
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1375 Instrumental music for children
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:49
Last Modified: 24 Nov 2021 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43661

Actions (login required)

View Item
View Item