PENGARUH BAHAN AJAR LAJU REAKSI TERINTEGRASI NILAI SPRITUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN SPRITUAL SISWA

Aminah, Nurul (2021) PENGARUH BAHAN AJAR LAJU REAKSI TERINTEGRASI NILAI SPRITUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN SPRITUAL SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Nim 4171131029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. Nim 4171131029 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. Nim 4171131029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. Nim 4171131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 3. Nim 4171131029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. Nim 4171131029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. Nim 4171131029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. Nim 4171131029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 5. Nim 4171131029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. Nim 4171131029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 9. Nim 4171131029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. Nim 4171131029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 13. Nim 4171131029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. Nim 4171131029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 14. Nim 4171131029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. Nim 4171131029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar laju reaksi terintegrasi nilai spiritual dan siswa yang diajarkan menggunakan bahan ajar Kimia SMA / MA dengan model Problem Based Learning (PBL). (2) Adakah perbedaan kecerdasan spritual siswa sebelum dan sesudah diajarkan bahan ajar laju reaksi terintegrasi nilai spiritual. (3) Mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajar siswa dengan kecerdasan spiritual siswa. Untuk pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasi penelitian menunjukkan; (1) Hipotesis I untuk mengetahui perbedaan hasil belajar digunakan uji Independent Sample T-Test dua pihak. berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0.000. Artinya terdapat perbedaan signifikan.(2) Hipotesis II untuk mengetahui perbedaan kecerdasan spritual siswa digunakan analisis uji Paired Sample T-Test.berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu yaitu 0,000. Artinya terdapat perbedaan signifikan. (3) Hipotesis III untuk mengetahui hubungan hasil belajar dengan kecerdasan spiritual siswa, maka digunakan analisis uji Correlation. berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2 tailed) < 0,05 yaitu 0,000. Artinya terdapat korelasi antara hasil belajar dan kecerdasan spiritual siswa, serta nilai pearson correlation sebesar 0,880 artinya nilai korelasinya sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 127
Keywords: Laju reaksi; Bahan ajar terintegrasi nilai spritual; Kecerdasan spritual; Problem based learning; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:32
Last Modified: 08 Nov 2021 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43654

Actions (login required)

View Item
View Item