Purba, Sakti Yonni Hamonangan (2013) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN RETENSI MEMORI BIOLOGI SISWA SMA KATOLIK SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-33068-8116174014 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Bab I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Bab V.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
UNIMED-Master-33068-8116174014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan: (1) Kemampuan berpikir tingkat dan (2) Retensi memori siswa pada materi metabolisme, yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dengan media Power Point (PPT) pada materi metabolisme. Penelitian quasi eksperimen ini dilaksanakan di SMA Katolik Sibolga, dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dan kelas B yang dibelajarkan dengan menggunakan media PPT. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (C4 dan C5) dan retensi memori (C1 dan C2). Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.00. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan media PPT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran (52,72 : 47,50) yang beda yang sangat signifikan secara statistik (t= 2,04; P= 0,04), demikian juga (2) retensi memori biologi siswa yang dibelajarkan dengan media PPT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran (70,21 : 62,61) yang berbeda signifikan (t=3,47; P= 0,00). Diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan media PPT pada materi metabolisme dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan retensi memori biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Pur p |
Keywords: | Retensi; Multimedia; Video pembelajaran; Media presentasi; Media pembelajaran; Berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4363 |